Menjaga PC/Laptop Aman dari Virus

Setiap orang pasti resah dengan adanya virus pada oppc/lapt yang digunakan, apalagi pc /laptop yang kita pakai sehari-hari untuk menyelesaikan tugas kerja ataupun kuliah. Pentingnya data menjadi pemikiran utama ketika pc/laptop bermasalah dengan adanya virus. Berikut iponk membagi beberapa tips dan trik untuk menjaga pc/laptop tetap bersih dari virus.

  1. Gunakan antivirus yang terupdate.
  2. Jika tidak ada antivirus yang benar ampuh gunakan sistem deep freeze untuk mencegah virus berkembang. Fungsi deep freeze yang akan membekukan sistem setting yang anda kunci akanĀ  mengembalikan setting terakhir yang anda simpan di pc/laptop anda setelah log on (restart/shut down).
  3. Non-aktifkan deep freeze jika anda menginstal beberapa program baru di pc/laptop anda. Setelah restsart aktifkan kembali deep freeze.
  4. Penggunaan deep freeze/antivirus dapat digantikan dengan trik berikut:
    • Non-aktifkan outorun pada PC anda melalui control panel/autoplay/hilangkan centang di “use autoplay for allmedia and devices” (untuk windows 7).
    • Jangan SEKALI pun membuka file langsung dari flashdisk atau perangkat eksternal lainnya.
    • Jika ingin membuka file dari perangkat eksternal lebih baik d copy ke dalam HDD terlebih dahulu.
    • Buka file yang sudah di copy ke HDD.
    • Hapus file jika tidak diperlukan lagi.
  5. Jika sudah terjangkit virus WAJIB hukumnya untuk menginstal anti virus yang terupdate lakukan scaning dan terapkan tips dan trik di atas untuk menjaganya tetap bersih.

Kehati-hatian kita dalam menjaga laptop/pc tetap bersih dari virus akan membantu kita untuk memaksimalkan kerja kita tanpa harus pusing jika terjangkit virus. Tips dan trik ini berdasar dari iponk ketika menerapkan di pc/laptop yang iponk gunakan, dan hasilnya laptop saya tetap terjaga bersih. Perlu diingat lagi jika KEHATI-HATIAN kita menjaga pc/laptop teta[ bersih adalah kunci utamanya.

Semoga bermanfaat.