Basic PC: Terlihat Sepele tapi Penting

Sore itu bersama kawan-kawan Penabulu tower 2 kuliah 4 sks kata bapak dosen Bayu Nugraha mempelajari tentang basic dari PC. Mahasiswanya sebut saja namanya Bang Godil, Dzikry, Mbak Phia, Mbak Dwi, dan sebut saja Iponk mengenal PC atau senjata utama kita yaitu laptop.

Mungkin seluruh kawan-kawan Penabulu juga menggunakan senjata yang sama. Tapi sudahkan kita memahami benar senjata yang kita pakai?? Bahayanya, kalo gak memahami betul bisa jadi senjata makan tuan. Bisa jadi kita tidak terbantu malah bikin kita sendiri pusing akrena lemot, error, dan bla bla bla. Mungkin juga kawan-kawan Penabulu sudah mengenalnya, tapi gapapa laaah berbagi ilmu bersama..

Sikat saja langsung tentang basic PC. Kinerja senjata utama kita sering tidak maksimal belum tentu karena umur yang sudah tua atau tidak support dengan kebutuhan kita. Ibarat pisau, meskipun tua kalo rajin diasah juga bakal tetep tajam kan?. Sama halnya dengan senjata kita, jika kita melakukan perawatan yang benar maka sentaja kita bakal tetap yahuuud. Bagaimana agar pc/laptop tetep bekerja dengan baik?? Berikut sekilas pandang kuliah 4 sks kami secara bertahap dijelaskan oleh bapak Bayu Nugraha.

Pertama, kita kenali dulu apa prosesor yang kita pakai, berapa ram yang kita pakai, windows apa yang terinstal, dan bagaimana mengoptimalkan dari dasar ini?.

Kedua, kita belajar tentang partisi atau pembagian drive pada hard disk. “Karena dari partisi hardisk pula yang bisa mempengaruhi kinerja senjata kita.” tangkas pak Bayu.

Ketiga, memindahkan my document ke selain drive C:.

Keempat, memeriksa aplikasi yang sudah terinstal pada PC kita.

Kelima, manage startup.

Keenam, memeriksa password dan jangka waktu “sleep” agar password yang kita pakai berfungsi dengan semestinya.

Dan terakhir optimalisasi kinerja pc/laptop.

Sepertinya cukup seperti ini saja sih ceritanya. Tapi gak perlu khawatir, iponk creation sudah bikin modul yang siap di download buat kawan-kawan Penabulu yang lain. Tinggal klik sudah siap comot gan!!

Cekidot gaan!!! : unduh modul (format pdf)

NB: Kuliah dengan materi selanjutnya dengan Bapak Bayu Nugraha masih akan ada lagi looh, cuma waktunya saja yang belum pasti. kontak saja bapak dosennya bisanya kapan. hehehe